Hallo sahabat Guru Indonesia Kumpulan RRP dan Perangkat Pembelajaran Terbaru 2017, Pada bahan ajar yang akan saya bagikan untuk anda kali ini berjudul
Cara menggunakan Aplikasi Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah (SisPenA S/M 2017)
kami telah mempersiapkan artikel khusus ini dengan baik untuk anda, Silahkan baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postinganJudul Artikel Yang anda baca saat ini : Cara menggunakan Aplikasi Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah (SisPenA S/M 2017)
Sumber Url : Cara menggunakan Aplikasi Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah (SisPenA S/M 2017)
Spesial Untuk Guru yang Tidak Memiliki Waktu membuat RPP/Bahan Ajar, kami Siap Kerjakan. Anda Terima Beres saja, Kami kerjakan sesuai Permintaan bapak/ibu guru, Bisa Semua Mata Paelajaran. Harga Mulai 100.000 Jika anda Berminat silahkan hubungi kami : Kontak Kami Tlp/sms/wa : 082186932730 (RPP Isat) Gunakan Tombol dibawah ini untuk Chat Otomatis via Whatsapp
Cara menggunakan Aplikasi Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah (SisPenA S/M 2017)
Aplikasi SisPenA S/M (Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah dan Madrasah), adalah aplikasi penilaian akreditasi yang berbasis web, dimana bisa akses dimana saja, kapan saja dengan syarat terhubung dengan internet. Aplikasi ini pun tak tidak hanya bisa diakses menggunakan Laptop atau komputer tetapi bisa juga menggunakan handphone ataupun tablet yang resolusinya lebih kecil.
Panduan SispenA S/M 2017 |
Adapun langkah – langkah untuk mengakses atau menggunakan aplikasi SisPenA S/M yaitu
1. Buka peramban: http://bansm.or.id/sispena di halaman browser (google crome, Mozilla dll)
2. Atau bisa klik link banner SisPenA S/Myang terdapat disebelah kanan
website http://bansm.or.id
Klik Banner Sispen A S/M melalui http://bansm.or.id |
3. Selanjutnya muncul halaman login seperti terlihat dibawah ini.
Halaman log in SispenA S/M |
4. Kemudian masukkan user dan password yang dimiliki. dan pilih level pengguna yaitu Sekolah
Memasukkan User dan Password |
5. Ketika pertama kali masuk kedalam halaman login. Sistem akan langsung menampilkan jendela form yang harus diisi oleh sekolah
Jendela form yang harus diisi oleh sekolah |
6. Isilah Form tersebut dan ubahlah password. user anda tetaplah NPSN dengan password atau kata sandi yang sudah dirubah untuk bisa mengakses dan masuk kembali kedalam sistem ini nantinya.
7. Setelah selesai mengisi lengkap Profile Sekolah. Selanjutnya akan masuk ke area penilaian evaluasi diri.
Masuk Kepenilaian Evaluasi Diri Sekolah |
8. Dalam tabel sekolah yang tampil terdapat banyak button atau tombol yang berfungsi untuk memberikan penilaian evaluasi diri sekolah, memasukkan IPDIP sekolah, mengunggah prasyarat akreditasi, photo pendukung serta Kartu Kendali.
9. Langkah awal selanjutnya adalah Klik tombol menu untuk memasukkan prasyarat sekolah yang akan di akreditasi.
10. Akan muncul 6 form isian dokumen yang digunakan untuk memasukkan dokumen berbentuk PDF atau Doc (Dokumen) dengan cara menekan choose file.
Memasukkan Dokumen Sekolah |
11. Keenam dokumen tersebut adalah surat ijin operasional, daftar siswa tiap kelas, data PTK, pernyataan pemberlakuaan kurikulum, Daftar Lulusan 1 tahun terakhir dan data sarana dan prasarana.
12. Untuk merubah atau mengedit kembali data atau dokumen yang sudah ada, klik choose file lalu cari dokumen yang akan mengganti file atau dokumen yang sudah ada.
13. Apabila langkah tersebut selesai, selanjutnya klik Input Evaluasi Diri
Input Evaluasai Diri Sekolah/Madrasah |
14. Untuk menginput evaluasi diri akan muncul jendela penilaian akreditasi terhadap sekolah, sistem penilaian dimunculkan butir demi butir serta menurut standar, yang dimulai dari butir 1 pada standar isi.
15. Untuk memberikan penilaian klik langsung pilihan a,b,c,d,e yang sudah ada. Jika sudah terpilih akan berubah menjadi warna hijau. Seperti terlihat pada gambar ini.
Memberikan Penilaian Dengan Cara Klik Butir Yang sesuai |
16. Klik tombol Next untuk beralih ke butir selanjutnya.
17. Sekolah bisa melihat petunjuk teknis untuk setiap butir pernyataan dengan mengklik tombol petunjuk teknis yang terdapat di bagian atas kanan.
18. Isi dari petunjuk teknis yang kita klik akan muncul berupa pop-up atau jendela seperti gambar dibawah ini.
Isi petunjuk teknis |
19. Untuk penilaian butir kita bisa memilih secara langsung berdasarkan standar dan nomer butir pada setiap standar dengan mengklik tombol standar yang terdapat dibagian bawah butir pernyataan.
Penilaian Butir secara langsung berdasar dan nomor butir |
20. Warna hijau yang terlihat digambar menandakan bahwa butir tersebut telah diberikan penilaian.
21. Penilaian bisa dilakukan secara acak atau melompat dari satu standar ke standar lainnya.
22. Data penilaian yang sudah dilakukan akan tersimpan secara otomatis apabila admin sekolah keluar dari sistem dan akan melanjutkan nantinya. Dan hal ini juga mengantisipasi apabila terjadi insiden seperti mati lampu ketika proses penilaian
23. Proses penilaian akan dianggap selesai apabila semua butir sudah dinilai dan muncul tombol Simpan dibagian paling bawah seperti gambar dibawah ini.
24. Apabila anda sudah yakin dengan penilaian anda, klik tombol Simpan. Setelah menekan tombol Ok maka penilaian evaluasi diri telah selesai dan bisa langsun melihat hasil penilaian yang telah kita lakukan dengan cara mengklik tombol lihat hasil penilaian.
25. Pada jendela hasil penilaian akan muncul nilai pada setiap standar, Nilai akhir dan peringkat. Seperti gambar berikut:.
Nilai akhir Setiap Standar |
26. Pada tabel penilaian ini juga diperlihatkan warna yang berbeda yaitu warna merah apabila nilai tidak memenuhi syarat lulus akreditasi, yaitu 1) nilai akhir kurang dari 71, 2) Nilai standar sarana dan prasarana kurang dari 61, 3) Salah satu standar nilainya kurang dari 50.
Warna Merah Nilai Akreditasi Tidak memenuhi Standar |
27. Admin sekolah bisa mengedit atau merubah data evaluasi diri sekolah kapan saja dengan menekan tombol menu edit EDS
Admin Sekolah Bisa Edit Kapan Saja dengan Menekan tombol Edit |
28. Untuk mengedit atau merubah nilai langkah langkahnya sama seperti mengisi nilai evaluasi diri pertama kali.
29. Jika ingin mencetak hasil penilaian evaluasi diri klik tombol Print Format Laporan Indifidu
Cara Cetak Hasil Penilaian ED Sekolah |
30. Akan muncul jendela untuk cetak dokumen, tekan tombol PrintJika sudah yakin dengan tampilan yang ada, atau klik More Setting untuk mengatur margin, ukuran kertas, menghilangkan header atau memberi warna pada tabel. Atur setting yang ada untuk mendapatkan posisi cetak yang baik. Jika telah selesai klik PRINT.
Cetak Dokumen Nilai Akreditsi |
31. Selain penilaian evaluasi diri sekolah juga harus menyertakan IPDIP (Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi) Sekolah yang bersangkutan.
32. IPDIP ini bisa di upload (Unggah) secara langsung digital atau dicetak dan digunakan untuk referensi asesor dalam melakukan penilaian.
Unggah Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi (IPDIP) |
33. Klik tombol choose file untuk memilih dokumen IPDIP.
34. Pilih dokumen IPDIP anda. Dan klik Submit untuk mengirim.
Kirim Dokumen IPDIP |
35. Selanjutnya sekolah mengirimkan Foto sekolah sebanyak 5 buah yang menggambarkan sarana prasana serta kegiatan belajar. Dengan mengklik menu Foto sekolah.
Unggah Foto Pendukung |
36. Klik Upload Foto untuk mulai memasukkan Foto pendukung.
37. Klik semua tombol Choose File untuk memilih dan memasukkan foto, dan tekan submit jika telah selesai.
Unggah 5 Foto Pendukung |
38. Photo yang dimasukkan akan muncul dan bisa kita lihat lebih detail satu persatu dengan mengkliknya.
Detail Foto Setelah Berhasil diunggah |
39. Photo bisa di diperbesar, digeserbahkan diputar, dan untuk melihat photo selanjutnya kita bisa menekan tombol next.
40. Apabila telah selesai, Untuk kembali ke menu sebelumnya atau area penilaian kita bisa menu penilaian yang terdapat disamping kiri
41. Langkah terakhir dan sangat Penting….!! Sekolah harus menginput kartu kendali setelah proses visitasi akreditasi oleh asesor selesai dilaksanakan.
Mengisi Kartu Kendali |
42. Akan muncul form yang harus diisi oleh sekolah.
Form Yang Harus Diisi |
43. Klik submit setelah sekolah mengisi seluruh isian dalam format kartu kendali.
44. Sekolah akan diberikan warning oleh sistem dan BAP apabila belum mengisi format kartu kendali sampai waktu yang ditentukan.
45. Untuk fasilitas menu lainnnya asesor bisa melihat data secara umum tentang Akreditasi di menu Dashboard.
46. Akan terlihat beberapa informasi umum berupa infografis dan informasi lainnya terkait akreditasi.
Informasi Umum Akreditasi |
47. Untuk merubah kembali biodata atau profile Sekolah serta merubah Foto Profile bisa mengklik menu yang terdapat disebelah kanan atas.
Fasilitas Untuk Mengubah Biodata serta Foto Frofil Sekolah |
48. Form Edit Profile sekolah, Klik Submit untuk menyelesaikan
49. Klik Choose File untuk merubah photo profil sekolah anda
50. Jika menggunakan smartphone bisa secara langsung mengganti dengan memilih foto di file penyimpanan atau memfoto secara langsung menggunakan kamera.
51. angan lupa untuk memilih menu Logout apabila anda telah selesai menggunakan Sistem
Aplikasi ini.
Selamat Mencoba…. Salam Akreditasi Berkualitas sukses selalu
sumber: BAN S/M
Download :
Panduan SisPenA 2017 Untuk Sekolah (di sini)
sumber: BAN S/M
Download :
Panduan SisPenA 2017 Untuk Sekolah (di sini)
Bagca Juga:
Perangkat Akreditasi SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK 2017
Demikian informasi terkini yang berhasil kami posting kali ini. Silahkan like fanspage kami dan tetap kunjungi situs www.http://rpp2017.blogspot.com. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang kami dapatkan dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.
Demikianlah Artikel Cara menggunakan Aplikasi Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah (SisPenA S/M 2017)
Sekianlah artikel