Mekanisme Penyusunan RPP

Kumpulan RPP Terbaru 2017
Hallo sahabat Guru Indonesia Kumpulan RRP dan Perangkat Pembelajaran Terbaru 2017, Pada bahan ajar yang akan saya bagikan untuk anda kali ini berjudul
Mekanisme Penyusunan RPP
kami telah mempersiapkan artikel khusus ini dengan baik untuk anda, Silahkan baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Tentang Artikel dengan kategori RPP, yang kami buat ini dapat anda pahami, dan anda gunakan untuk kepentingan pendidikan di Indonesia, selamat membaca dan menikmati sajian dari kami sahabat guru Indonesia.

Judul Artikel Yang anda baca saat ini : Mekanisme Penyusunan RPP
Sumber Url : Mekanisme Penyusunan RPP
Spesial Untuk Guru yang Tidak Memiliki Waktu membuat RPP/Bahan Ajar, kami Siap Kerjakan. Anda Terima Beres saja, Kami kerjakan sesuai Permintaan bapak/ibu guru, Bisa Semua Mata Paelajaran. Harga Mulai 100.000 Jika anda Berminat silahkan hubungi kami : Kontak Kami Tlp/sms/wa : 082186932730 (RPP Isat) Gunakan Tombol dibawah ini untuk Chat Otomatis via Whatsapp

Artikel Terkait, Silahkan Baca Juga


Mekanisme Penyusunan RPP

Dalam menyusun Rencana Pembelajaran (RPP) perlu mengikuti mekanisme atau langkah-langkah sebagai acuan sehingga RPP yang dihasilkan sesuai dengan harapan dan akan berimbas pada suksesnya pembelajaran yang dilaksanakan. Adapun langkah-langkah yang lazim yang telah diterbitkan dalam buku pelatihan kurikulum 2013 yang disempurnakan sebagai berikut;

a.       Mengkaji silabus  tematik meliputi: (1) KI dan KD; (2) materi pembelajaran; (3) proses pembelajaran; (4) penilaian pembelajaran; (5) alokasi waktu; dan (6) sumber belajar.

b.            Merumuskan indicator pencapaian KD pada KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4.

Mekanisme Penyusunan RPP

c.        Mengembangkan materi pembelajaran. Materi pelajaran dapat berasal dari buku teks pelajaran (buku siswa) dan buku panduan guru, sumber belajar lain berupa muatan local, materi kekinian, konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar yang dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran regular, pengayaan dan remedial.

d.          Menjabarkan kegiatan pembelajaran yang ada pada silabus dalam bentuk yang telah operasional berupa pendekatan saintifik disesuaikan dengan kondisi siswa dan satuan guruan termasuk penggunaan media, alat, bahan, dan sumber belajar.

e.     Menentukan alokasi waktu untuk setiap pertemuan berdasarkan alokasi waktu pada silabus. Selanjutnya dibagi dalam kegiatan pendahuluan, inti dan penutup.

f.       Mengembangkan penilaian pembelajaran dengan cara menentukan lingkup teknik, dan instrument penilaian, serta membuat pedoman penskoran.

g.            Menentukan strategi pembelajaran remedial segera setelah dilakukan penilaian.

h.     Menentukan Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar disesuaikan dengan yang telah ditetapkan dalam langkah penjabaran proses pembelajaran.


Demikianlah Artikel Mekanisme Penyusunan RPP
Sekianlah artikel
Mekanisme Penyusunan RPP
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat dan mempermudah anda dalam menyusun perangkat pembelajaran,atau hal yang bermanfaat lainnya untuk anda semua. Terima Kasih Jika artikel Kami bermanfaat silahkan bantu kami tetap berkarya,tolong "SHARE" Kepada Sahabat guru lainnya. Sampai jumpa dengan kami di postingan artikel dan bahan ajar lainnya.

Iklan google

Entri Populer