Prinsip Penyusunan RPP

Kumpulan RPP Terbaru 2017
Hallo sahabat Guru Indonesia Kumpulan RRP dan Perangkat Pembelajaran Terbaru 2017, Pada bahan ajar yang akan saya bagikan untuk anda kali ini berjudul
Prinsip Penyusunan RPP
kami telah mempersiapkan artikel khusus ini dengan baik untuk anda, Silahkan baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Tentang Artikel dengan kategori RPP, yang kami buat ini dapat anda pahami, dan anda gunakan untuk kepentingan pendidikan di Indonesia, selamat membaca dan menikmati sajian dari kami sahabat guru Indonesia.

Judul Artikel Yang anda baca saat ini : Prinsip Penyusunan RPP
Sumber Url : Prinsip Penyusunan RPP
Spesial Untuk Guru yang Tidak Memiliki Waktu membuat RPP/Bahan Ajar, kami Siap Kerjakan. Anda Terima Beres saja, Kami kerjakan sesuai Permintaan bapak/ibu guru, Bisa Semua Mata Paelajaran. Harga Mulai 100.000 Jika anda Berminat silahkan hubungi kami : Kontak Kami Tlp/sms/wa : 082186932730 (RPP Isat) Gunakan Tombol dibawah ini untuk Chat Otomatis via Whatsapp

Artikel Terkait, Silahkan Baca Juga


Prinsip Penyusunan RPP

Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara mandiri dan/atau di kelompok (di KKG), di sekolah yang disupervisi oleh kepala sekolah/madrasah. Adapu prinsip penyusunan RPP sebagai berikut;

a.             Setiap RPP harus secara utuh memut kompetensi dasar sikap spiritual (KD dari KI-1), Sosial (KD dari KI-2), mmpuan spengetahuan (KD dari KI-3)

b.            Satu RPP dilaksanakan dalam satu kali pertemuan (satu hari)

c.             Memperhatikan perbedaan individu siswa.
RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan kemmpuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, potensi, kemampuan social, emosi,  gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan atau lingkungan siswa.

d.            Berpusat pda siswa.
Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat siswa untuk mendorong motivasi, minat, kreatifitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian dan semangat belajar, menggunakan pengembangan model-model pembelajaran.

RPP

e.             Berbasis konteks.
Proses pembelajaran yang menjadikan lingkungan sekitarnya sebagai sumber belajar

f.              Berorentasi Kekinian
Pembelajaran yang berorentasi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan nilai-nilai kehidupan masa kini.

g.            Mengembangkan Kemandirian Belajar
Pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk belajar secara mandiri.

h.            Memberikan Umpan Balik dan tindak lanjut Pembelajaran
RPP memuat  rancanagn program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedial.

i.              Memiliki keterkaitan dan keterpaduan antar kompetensi dan/atau antar muatan.
RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI,KD, Indikator pencapaian kompetensi, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik , keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar dan keragaman budaya.

j.              Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi
RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara integrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Baca juga:


Komponen Minimal RPP
       A.            Identitas RPP
§  Nama Sekolah/Madrasah  
§  Mata pelajaran atau tema (nama mata pelajaran atau judul tema)
§  Kelas/smester (kelas dan semester yang akan dibelajarkan)
§  Alokasi waktu (perkiraan durasi waktu untu menyelesaikan materi dan kompetensi yang akan dibelajarkan)

       B.            Kompetensi Inti (KI)
                 KI  1 dan 2, khusus untuk mata pelajaran Agama dan Budi Pekerti, dan PPKn                              dicantumkan sebagaimana yang ada dalam dokumen KI dan KD. Untuk mata                              pelajaran lain dicantumkan dengan diskripsi nurturant affect.

       C.            Kompetensi Dasar dan Indikator pencapaian  
                 kompetensi (mengacu pada KD dan silabus)

       D.            Kegiatan Pembelajaran
              Kegiatan pembelajaran terdiri dari:
-       Kegiatan Pendahuluan
-       Kegiatan Inti
-       Kegiatan Akhir/penutup
-        
      E.            Penilaian

-       Mencakup : Kompetensi yang ingin dinilai, instrumen, penilaian, cara melaksanakan penilaian, pengolahan data dan pelaporannya.

F.            Pendukung pembelajaran
- meliputi: Media, alat, bahan belajar, dan sumber belajar

Demikian Info yang admin bagikan kali in,  jika posting ini bermanfaat silakan share pada link yang tersedia, terimakasih.


Demikianlah Artikel Prinsip Penyusunan RPP
Sekianlah artikel
Prinsip Penyusunan RPP
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat dan mempermudah anda dalam menyusun perangkat pembelajaran,atau hal yang bermanfaat lainnya untuk anda semua. Terima Kasih Jika artikel Kami bermanfaat silahkan bantu kami tetap berkarya,tolong "SHARE" Kepada Sahabat guru lainnya. Sampai jumpa dengan kami di postingan artikel dan bahan ajar lainnya.

Iklan google

Entri Populer